Batu Akik Red Raflesia Bengkulu

images (1)

 

 

 

 

 

Menurut penelitian laboratorium, batu akik Red Raflesia termasuk jenis batuan mulia lebih tepatnya batu semi mulia.Batu Akik Red Raflesia Bengkulu adalah yang paling terkenal dan banyak ditemukan di daerah ini. Air Lakok Kecamatan Batiknau Kabupaten Bengkulu Utara ialah salah satu daerah yang terkenal sebagai asal batu akik Bengkulu, Air Lokak merupakan nama Pantai yang langsung terhubung dengan Samudra Hindia.

Di Bengkulu khusus nya terdapat beberapa nama batu akik asli Bengkulu yang mulai naik daun diantaranya Batu akik Red Raflesia yang memiliki beberapa varian warna. Di antaranya berwarna kuning, orange dan putih. Tetapi, Batu Akik Red Raflesia Bengkulu yang berwarna merah lah yang paling banyak dicari karena kini mulai langka. Bahkan, ramai disebut bahwa batu akik Red Raflesia ini mulai menyaingi batu akik Bacan yang terkenal dari Maluku Utara itu.

Jenis Batu akik Red Raflesia mempunyai warna merah transparan. Khusus Red rafflesia sendiri memiliki beberapa warna seperti merah kecoklatan, merah atau merah orange dan berdasarkan data penelitian dari laboratorium, batu akik Red Raflesia dimasukkan ke dalam jenis batuan mulia

.images (2)

Namun kabar buruknya adalah Batu akik jenis red raflesia ini makin sulit untuk di dapatkan sehingga menyebabkan harganya juga makin naik. Menurut pengakuan salah seorang pedagang bahan batuk akik Red Raflesia, di Curup, Provinsi Bengkulu menjelaskan bahwa untuk saat ini ia kesulitan mendapatkan bahan batu akik Red Raflesia yang berwarna merah.

Makanya jangan heran jika bahan dasar yang memiliki kualitas super dijual dengan harga Rp 500.000 – Rp 600.000 per Kilogram dalam sekejap langsung habis terjual. Bahkan, dia pernah menjual bahan Red Raflesia seharga Rp 5 juta bahan dengan berat 1 Kilogram utuh red raflesia kualitas super.

Sedangkan batu akik red raflesia yang sudah jadi mata cincin dibandrol dengan harga mulai dari Rp 400.000 hingga Rp 2 juta per batu akik, tergantung ukuran batu akik tersebut. Yang berukuran kecil biasa di jual Rp 400.000, kalau yang besar bisa sampai Rp 1 juta. Bahkan batu cincin Red Raflesia jenis Cat Eye (mata kucing) bisa seharga Rp 2 juta .

Siapa saja pelanggan yang terbanyak membeli batu Red Raflesia ini ? Masih menurut pengakuan para pedagang biasanya, pelanggan yang bisa membeli bahan batu akik Red Raflesia kualitas super ini berasal dari Jakarta, Lampung, Jambi dan Aceh

Mengapa semakin banyak orang mengoleksi batu akik ini ? mungkin dikarenakan Batu Akik konon bisa membantu dalam mengatasi frustrasi, mengurangi bahkan menghilangkan stress, menghilangkan ketakutan dan kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat. Mengenakan cincin batu akik atau perhiasan yang mengandung akik sendiri bisa membawa kestabilan emosi, keberanian dan kekuatan untuk pemakainya. Dari sisi Kesehatan manfaat memakai perhiasan batu akik termasuk mengurangi gangguan perut, masalah seksual dan hiperglikemia.

Demikian sekilas info tentang batu akik Red Raflesia bengkulu ini,semoga bermanfaat dan menambah wawasan perbatuan kita yang makin kaya ini.

Tinggalkan komentar